Dinamika Perkembangan Matematika Abad Pertengahan Hingga Munculnya Gerakan Renaissance (Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah)

Authors

  • Yuni Arrifada UIN Sunan Ampel
  • Dewi Rofiqoh UIN Sunan Ampel
  • Kusaeri Kusaeri UIN Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.14421/fourier.2016.52.49-56

Keywords:

Matematika, Abad pertengahan, Renaissance

Abstract

Islam pernah mencapai masa keemasan dengan lahirnya tokoh-tokoh muslim yang tidak hanya menguasai fiqih dan tafsir, tetapi juga ahli dalam matematika dan astronomi. Pemikirannya sangat mempengaruhi perkembangan matematika di dunia.  Namun kini dunia Islam mengalami kemunduran dengan semakin tersisihnya tokoh matematikawan muslim oleh matematikawan dari barat (Eropa). Oleh karenanya,  penelitian ini bertujuan: (1) menelusuri penyebab kemajuan perkembangan matematika di negara-negara Islam pada abad pertengahan,  (2)  mengungkap  penyebab munculnya gerakan renaissance di Eropa, dan (3)  mengungkap hikmah yang dapat diambil terhadap pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan data yang didapatkan dari buku-buku bacaan ilmiah, jurnal ilmiah, laporan penelitian, situs internet dan lainya yang relevan dengan sejarah matematika abad pertengahan dan zaman Renaissance. Data yang telah terkumpul, selanjutnya dilakukan pemilahan dengan cara organize, synthesize dan identify. Hasil  penelitian menunjukkan: (1) penyebab kemajuan perkembangan matematika di negara-negara Islam pada abad pertengahan yakni gencarnya kegiatan penerjemahan karya-karya matematika asing dan dukungan yang luar biasa para khalifah pada pengkajian matematika, (2) munculnya gerakan renaissance di Eropa sebagai wujud pemberontakan masyarakat Eropa atas doktrin gereja yang melarang perkembangan ilmu pengetahuan sehingga masyarakat Barat banyak yang lari ke negara Islam untuk menyerap karya matematikawan muslim dan membuat gerakan renaissance, dan (3) berdasarkan dua peristiwa penting bisa diambil hikmah terhadap pembelajaran matematika di sekolah. Khususnya bagi para peserta didik dalam belajar matematika dengan mengadopsi semangat keilmuwan dan menamkan sikap pantang menyerah dan percaya diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuni Arrifada, UIN Sunan Ampel

Program Studi Pendidikan Matematika FTK

Dewi Rofiqoh, UIN Sunan Ampel

Program Studi Pendidikan Matematika FTK

Kusaeri Kusaeri, UIN Sunan Ampel

Program Studi Pendidikan Matematika FTK

Downloads

Published

2016-10-05

How to Cite

Arrifada, Y., Rofiqoh, D., & Kusaeri, K. (2016). Dinamika Perkembangan Matematika Abad Pertengahan Hingga Munculnya Gerakan Renaissance (Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah). Jurnal Fourier, 5(2), 49–56. https://doi.org/10.14421/fourier.2016.52.49-56

Issue

Section

Articles