Efektivitas Contextual Teaching and Learning pada Materi Kubus dan Balok terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Urip Meilina Kurniawati UIN Sunan Kalijaga
  • Iwan Kuswidi UIN Sunan Kalijaga

Keywords:

Contekstual Teaching and Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kubus dan Balok, Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasar persoalan tentang masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik Madrasah Ibtidaiyah pada bidang matematika, terutama materi geometri kubus dan balok. Berdasar hasil kajian, model pembelajaran contextual teaching and learning diperkirakan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain non equivalent control group design. Kontrol pada penelitian ini adalah kelas dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, tes uraian pretest dan posttest, serta lembar observasi proses pembelajaran. Instrumen pembelajaran dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Adapun teknik analisis pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan inferensial menggunakan uji Mann Whitney. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen lebih efektif daripada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, rata-rata n-gain sebesar 56,01% menunjukkan bahwa efektifitas contextual teaching and learning berada pada kategori cukup efektif, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata n-gain sebesar 32,77% yang menunjukkan efektifitas pembelajaran konvensional pada kategori tidak efektif. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan contextual teaching and learning lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

[This research is based on the problem that occurs, namely the low critical thinking ability of Madrasah Ibtidaiyah students in mathematics subjects, especially geometry cube and cuboid. Based on the results of the study, the contextual teaching and learning model is estimated to be able to solve these problems. This study aims to determine the effectiveness of contextual teaching and learning on the critical thinking skills of Madrasah Ibtidaiyah students. The method used in this study is a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The control in this study was a class with conventional learning. Data collection techniques in this study include interviews, pretest and posttest, and observation of the learning process. Learning instruments with learning plans (RPP), and student worksheets (LKPD). The analysis technique in this study is a descriptive and inferential analysis using the Mann-Whitney test. The test results show that learning in the experimental class is more effective than in the control class. In the experimental class, an average n-gain of 56.01% indicates that the effectiveness of contextual teaching and learning is in the quite effective category, while in the control class an average value of n-gain is 32.77% which indicates the effectiveness of conventional learning in the ineffective category. Based on this analysis, it can be concluded that learning using contextual teaching and learning is more effective than learning with conventional models on students' critical thinking skills.]

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heruman., 2013. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hosnam, M., 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Ibrahim dan Suparni., 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Jamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain., 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Juwita, Dwi., 2015. Bangun Datar dan Bangun Ruang, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kadir., 2015. Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Karimah, Imraatun Akhlaqul., 2012. Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Strategi Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keaktifan Peserta didik dalam Pembelajaran Matematika, Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Penelitian Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lestari, Seni., at. al., 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus I Kecamatan Buleleng”. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2. No. 1.

Putri, R I I, dan Zulkardi, Z., 2018. “Higher-order thinking skill problem on data representation in primary school: A case study”. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012056). IOP Publishing. January.

Rusman., 2016. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta: Rajawali Press.

Sudarwinarti, V. Y., 2019. Pentingnya Berpikir Kritis Generasi Milenial Di Era Industri 4.0. Jurnal Dunia Sekretari. Vol.8, No. 1.

Sugiyono., 2013. Metode Penelitian Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., 2009. Metode Penelitian Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar., 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Syahbana, Ali., 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta didik SMP. Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 02, No. 02.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Kurniawati, U. M. ., & Kuswidi, I. (2021). Efektivitas Contextual Teaching and Learning pada Materi Kubus dan Balok terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Fourier, 10(1), 13–20. Retrieved from https://fourier.or.id/index.php/FOURIER/article/view/143

Issue

Section

Articles