The Analisis Sentimen Sosial Media Twitter Dengan Algoritma Machine Learning Menggunakan Software R

Authors

  • Jaka Aulia Pratama Magister Statistika Terapan UNPAD
  • Yadi Suprijadi Universitas Padjadjaran
  • Zulhanif Zulhanif Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.14421/fourier.2017.62.85-89

Keywords:

Analisis Sentimen, Machine Learning, R

Abstract

Media sosial adalah wadah untuk mengungkapkan opini terhadap suatu topik tertentu. Ketersediaan informasi dan opini dari para pengguna media sosial merupakan kumpulan dokumen data berupa teks yang amat sangat besar dan berguna untuk kepentingan penelitian maupun membuat suatu keputusan bagi pihak – pihak tertentu. Text Mining bisa didefinisikan sebagai proses penggalian informasi di mana pengguna berinteraksi dengan kumpulan dokumen dari waktu ke waktu dengan menggunakan suatu alat analisis. Analisis sentimen atau Opinion Mining adalah salah satu studi di bidang komputasi yang berhubungan dengan kasus publik mengenai opini, penilaian, sikap, dan emosi. Penelitian ini akan menggunakan metode Machine Learning pada analisis sentimen pengguna layanan jejaring sosial Twitter terhadap Donald Trump dan Barack Obama dalam 20000 tweets. Nilai akurasi metode Machine Learning yang diperoleh cukup tinggi yaitu 87.52% untuk Data Training dan 87.4% untuk Data Testing.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yadi Suprijadi, Universitas Padjadjaran

Departemen Statistika, Universitas Padjadjaran

Zulhanif Zulhanif, Universitas Padjadjaran

Departemen Statistika, Universitas Padjadjaran

References

[1] Andoko. 2007. Perancangan Program Simulasi Deteksi Wajah Dengan Support Vector Machines - Viola Jones. Skripsi Teknik Informatika dan Matematika Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
[2] Feldman, R., Sanger, J. 2007. The text mining handbook: advanced approaches in analyzing unstructured data. Cambridge University Press.
[3] J. Han,. M. Kamber. 2001. Data Mining Concepts and Techniques. Morgan Kaufmann, San Francisco
[4] J. Ramteke., S. Shah., D. Godhia., A. Shaikh. 2016. Election result prediction using Twitter sentiment analysis. International Conference on Inventive Computation Technologies (ICICT), Coimbatore, 2016, pp. 1-5.
[5] Liu, B. 2012. Sentiment Analysis and Opinion Mining. Morgan and Claypool publishers.

Downloads

Published

2017-10-25

How to Cite

Pratama, J. A., Suprijadi, Y., & Zulhanif, Z. (2017). The Analisis Sentimen Sosial Media Twitter Dengan Algoritma Machine Learning Menggunakan Software R. Jurnal Fourier, 6(2), 85–89. https://doi.org/10.14421/fourier.2017.62.85-89

Issue

Section

Articles