Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Geometri Siswa Kelas XI SMK Bina Warga Lemahabang

  • Misni Misni Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Ferry Ferdianto Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
Keywords: Analisis kesalahan, Faktor kesalahan, Geometri

Abstract

Geometri mengandung gambar dan simbol-simbol yang abstrak sehingga butuh penalaran yang tinggi. Kebanyakan siswa kurang memahami materi geometri, sehingga ketika siswa dihadapkan dengan soal geometri akan terjadi kesalahan dalam pengerjaannya.  Oleh karena itu,  perlu adanya identifikasi dari kesalahan-kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal geometri. Adapun, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal geometri dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kesalahan siswa dalam menjawab soal geomerti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK SMK Bina Warga Lemahabang. Pengambilan sampelnya yaitu dengan teknik purposive sampling berdasarkan hasil tes siswa. Cara dalam menganalisis hasil tes siswa dilakukan dengan mengidentifikasi data yang diperoleh dari hasil tes siswa lalu disimpulkan jenis-jenis kesalahannya. Adapun hasil analisis soal dan jawaban siswa, diketahui bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan adalah (1) kesalahan dalam memahami konsep (2) kurangnya tingkat penalaran siswa untuk mencapai sebuah ruang. (3) kurang teliti (4) kurang menguasai materi (5) kesalahan dalam menuliskan formula.

[Geometry contains abstract images and symbols so it needs high reasoning. Most students do not understand geometry material, so that when students are faced with geometric problems there will be errors in the process. Therefore, it is necessary to identify students' mistakes in answering geometry questions. Meanwhile, the purpose of this study is to determine the types of student errors in solving geometry problems and to find out the factors that are the students' mistakes in answering geomechanical questions. This study used descriptive qualitative method. The sample used in this study was class XI AK SMK Bina Warga Lemahabang. Sampling is by purposive sampling technique based on student test results. The way to analyze student test results is done by identifying data obtained from student test results and then concluding the types of errors. The results of the analysis of the questions and answers of students, it is known that the factors that cause errors are (1) errors in understanding the concept (2) the lack of students' level of reasoning to reach a space. (3) inaccurate (4) lack of mastery of material (5) errors in writing formula.]

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Misni Misni, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Program Studi Pendidikan Matematika

Ferry Ferdianto, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Cahyono, N. Dodi. 2017. Analisis Kesalahan Jawaban Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di SMP Negeri 2 Sawit. Skipsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Elizabeth, Angelina Christofania. 2016. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ruang Pada Siswa Kelas X Sma Marsudirini Muntilantahun Ajaran 2014/2015.
Intansari, Mira, Dkk. 2018. Desain Penelitian Kuantitatif Deskriptif. Surabaya.
Istiani, Ana Dan Hidayatulloh. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Lampung.
Nurkhasanah, Suwar Dewi. 2016. Nalisis Kesalahan Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Timss Konten Geometri Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 1 Mojosongo Tahun 2015/2016. Surakarta.
Solfitri, Titi Dan Yenita Roza. 2015. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Siswa Kelas Ix Smpn Se-Kecamatan Tampan Pekanbaru (The Analysis Of Error On Solving Geometry Problem Of Student At Class Ix Junior High School On Tampan Subdistrict Pekanbaru). Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat. Hal 295 – 303.
Sulistiani, Ika Ratih. 2012. Pembelajaran Luas Daerah Persegi Panjang Berdasarkan Standar Pengajaran National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SDN Dinoyo I Malang. Jurnal Fourier. Vol. 1, No. 1, 11-16.
Published
2019-10-31
Section
Articles