Analisis Sistem Antrian dengan Simulasi di Puskesmas Cebongan Kota Salatiga

  • Puput Retno Muninggar Universitas Kristen Satya Wacana
  • Lilik Linawati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Hanna Arini Parhusip Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Model Antrian, Sistem Antrian, Simulasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model sistem antrian, mengetahui karakteristik sistem antrian, dan mendapatkan  hasil analisis simulasi pada sistem antrian di Puskesmas Cebongan Kota Salatiga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi langsung pada bagian Pendaftaran, bagian Cek Tekanan Darah dan bagian Periksa di Poliklinik Umum, dan bagian Pengambilan Obat. Hasil penelitian diperoleh masing-masing model antrian di bagian Pendaftaran, bagian Cek Tekanan Darah, dan bagian Pengambilan Obat adalah (G/G/1) : (FIFO/∞/∞), dimana waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan berdistribusi general, jumlah server 1, disiplin antrian FIFO, kapasitas sistem dan kapasitas kedatangan yang tidak terbatas. Model antrian di bagian Periksa yaitu (G/G/2) : (FIFO/∞/∞), yaitu waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan berdistribusi general, jumlah server 2, disiplin antrian FIFO, kapasitas sistem dan kapasitas kedatangan yang tidak terbatas. Kesesuaian hasil simulasi setiap pelayanan sudah mendekati kondisi nyatanya, namun pada bagian Cek Tekanan Darah dan Pengambilan Obat terdapat beberapa karakteristik yang belum sesuai dengan kondisi nyata. Hasil simulasi rata-rata jumlah pasien dalam antrian dan rata-rata waktu pasien dalam antrian pada bagian Cek Tekanan Darah dan bagian Pengambilan Obat lebih besar dari kondisi nyata.

[The purpose of this study are to obtain a queuing system model, find out the characteristics of the queuing system, and obtain the results of simulation analysis on the queuing system in Cebongan Health Center, Salatiga City. Data collection is done by direct observation method in the Registration section, the Blood Pressure Check section and the Check section in the General Polyclinic, and the Drug Collection section. The results of the study were obtained by each queue model in the Registration section, the Blood Pressure Check section, and the Drug Extraction section is (G/G/1) : (FIFO/∞/∞), where the time of arrival and service time are generally distributed, the number of servers 1, FIFO queue discipline, unlimited system capacity and arrival capacity. The queue model in the Check section is (G/G/2) : (FIFO/∞/∞), which is the time between arrival and general distribution service time, number of servers 2, FIFO queue discipline, unlimited system capacity and arrival capacity. The suitability of the simulation results for each service is close to the actual conditions, but in the Checking Blood Pressure and Drug Taking section there are several characteristics that are not in accordance with the real conditions. The simulation results of the average number of patients in the queue and the average time of patients in the queue at the Blood Pressure Check and Drug Extraction section are greater than the real conditions.]

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Puput Retno Muninggar, Universitas Kristen Satya Wacana

Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Matematika

Lilik Linawati, Universitas Kristen Satya Wacana

Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Matematika

Hanna Arini Parhusip, Universitas Kristen Satya Wacana

Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Matematika

References

Aminulloh, A.F. (2016). Analisis Model Antrian Multi Phase (Studi Kasus di SAMSAT Kota Pasuruan). Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Artiguna, Purina P., Sugito, dan Hoyyi, A. (2014). Analisis Sistem Antrian Pada Layanan Pengurusan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. Jurnal Gaussian, Vol. 3, No. 4, Hal. 801-810, ISSN: 2339-2541.
Farkhan, Feri. (2013). Aplikasi Teori Antrian dan Simulasi Pada Pelayanan Teller Bank. Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Juwita, A.I., (2013). “Jenis-Jenis Simulasi”, http://astrijuwita08.blogspot.com/2013/10/jenis-jenis-simulasi.html?m=1 (diakes pada 8 Desember 2018.)
Maulana, A., Nasution, Y.N., dan Rizki, A. (2017). Analysis of (M/G/c):(GD/∞/∞) Queueing Models Using Lazarus Software (Case Study: Workshop Utomo Motor Yamaha Samarinda Seberang). Jurnal Eksponensial, Vol. 8, No. 2, ISSN: 2085-7829.
Mikowati, Linda. (2010). Analisis Sistem Antrian Pada Industri Pengolahan Roti (Studi Kasus di PT Nippon Indosari Corpindo). Skripsi Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
Nindyaiswari, N., Sugito, dan Wilandari, Y. (2015). Identifikasi Antrian Bus Rapid Transit (BRT) Pada Halte Operasional BRT Semarang. Jurnal Gaussian, Vol. 4, No. 3, Hal. 593-601, ISSN: 2339-2541.
Putranto, M.A. (2014). Analisis Masalah Sistem Antrian Model Multi Phase Pada kantor SAMSAT Yogyakarta. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta.
Shortle, J.F., Thompson, J.M., dkk. (2018). Fundamentals of Queueing Theory. 5th Edition. John Wiley and Sons, Inc.
Taha, HA. (2007). Operation Research Introduction. 8th Edition. Pearson Prentice Hall.
Taylor III BW. (2005). Introduction to Management Science. 8th Edition. Prentice Hall Pearson Education, Inc.
Winston, W.L. (2004). Operations Research Aplications and Algorithms. 4th Edition. Thomson Learning.
Yowoso, G.C. (2015). Analisis Sistem Antrian Service Mobil di PT. Tunas Mobilindo Perkasa dengan Menggunakan Simulasi Arena. Skripsi Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Darma Persada Jakarta.
Published
2019-10-31
Section
Articles