Prototipe Model Collaborative Learning Matematika Melalui Media Blog dengan Interactive Digital Book Mata Kuliah Kalkulus II

  • Sunismi Sunismi Universitas Islam Malang
  • Abdul Halim Fathani Universitas Islam Malang
Keywords: collaborative learning, media blog, interactive digital book, kalkulus II

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya prototipe model collaborative learning matematika melalui  media blog dengan interactive digital book matakuliah kalkulus II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (development research). Model yang digunakan Four-D, meliputi tahap: define, design, develop, dan disseminate, yang akan dikerjakan selama dua tahun. Hasil pengembangan tahun I, tahap define, hasil angket analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen, yaitu sebagian besar mahasiswa belum memahami materi kalkulus II, karena kesulitan mempelajarinya. Dikarenakan dosen menggunakan model pembelajaran langsung tanpa media, sehingga mahasiswa pasif dalam kelas. Oleh karena itu perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan mahasiswa, yaitu model collaborative learning matematika melalui media blog dengan interactive digital book matakuliah kalkulus II. Hasil tahap design, yaitu 1) rancangan model collaborative learning matematika, 2) format media blog, situs internet yang digunakan untuk memposting bahan ajar, ruang diskusi kolaborasi online, pretes dan postes interaktif, serta uji kompetensi interaktif. Alamat blog https://sunismikalkulus.blogspot.co.id/?m=0. Sedangkan format interactive digital book kalkulus II dibuat dengan Kvisoft Flip Book Maker 3.6.6 yang menampilkan interactive digital book seperti tampilan buku cetak dapat memberikan umpan balik secara langsung kepada pengguna. Sedangkan hasil tahap develop, dihasilkan prototipe model collaborative learning matematika, yang telah divalidasi oleh ahli desain dan media pembelajaran, serta ahli matematika bahwa prototipe model valid, sehingga layak digunakan.

Author Biographies

Sunismi Sunismi, Universitas Islam Malang

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP

Abdul Halim Fathani, Universitas Islam Malang

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP

References

[1] Barkley, Elizabert E., Cross, K. Patricia & Major, Clair Howell. 2012. Collaborative Learning Techniques: Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif. Penerjemah: Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.
[2] Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Pearson Education.
[3] Hidayatullah, Muhammad, S., dan Rakhmawati, Lusia. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker pada Mata Pelajaran Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 05 Nomor 01 (Pebruari 2016), h. 84
[4] Henke, H. 2001. Electronic books and e-publishing: a practical guide for authors. Springer-Verlaag. London.
[5] Herutomo, Agung. 2010. Conquering Web 2.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
[6] Maarjan, Laal. 2012. Benefit of Collaborative larning. (Procedia-social and behavioral ciences 2012, Vol. 31: 486-490). (diakses dari http://www.sciencedirect.com/science/article/p ii/S1877042811030205 pada tanggal 18 Mei 2017)
[7] Nelson, M. R. 2008. E-books in higher education: nearing the end of the era of hype? Educase Review. 43(2):40-56.
[8] Oetomo Dharma Sutedjo, Budi. 2002. e-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
[9] Pearson-Labs. 2014. 10 ways eBooks enhance learning. (Online) (http://labs.pearson.com/10-ways-ebooks-enhance-learning/ diakses tanggal 18 Juni 2017
[10] Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
[11] Priyatmojo, Achmad., dkk. 2010. Student Centered Learning (SCL) dan Student Teacher Aesthethic Role-Sharing (STAR): Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada
[12] Roberts, Timothy S. 2004. Online Collaborative Learning: Theory and Practice. London: Idea Group Inc.
[13] Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
[14] Smith, B. L. & MacGregor, J. T. 1992. What is Collaborative Learning?. Washington: Washington Center for Improving the Quality of Yndergraduate Education, (Online), (http://www. learningcommons.evergreen.edu/pdf/collab.pdf, diakses 1 April 2017).
[15] Stahl, G. 2009. Yes We Can!. Journal Computer Supported Collaborative Learning, (Online), Vol 4, ISSUE 1, Maret 2009. (http://www. http://ijcscl.org/?go=contents&article=72#article72, diakses 1 April 2017).
[16] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
[17] Syukur, M. 2004. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMU Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open Ended. Tesis Magister PPS UPI Bandung: PPS UPI
[18] Tamim, M. 2007. Blog dan Pendidikan. http://mtamim.wordpress.com/2010/03/22/blog-dan-pendidikan/. Diakses 22 Maret 2017
[19] Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
[20] Wiranatakusumah, Rangga. 2010. Pengaruh Motivasi Diri Terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Paramadina. (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/M._Rangga_.pdf, diakses 15 Mei 2017).
Published
2017-10-25
Section
Articles