I-Spring Suite as an Alternative Media for Algebraic Expression
DOI:
https://doi.org/10.14421/fourier.2023.122.86-94Keywords:
Learning Media, Technology, Algebraic Expression, DevelopmentAbstract
A The limitation of technology-based learning media available at SMP Muhammdiyah 1 Godean motivate researcher to develop learning media that can supplement alternative media and also assist the difficulty faced by the students, especially in algebraic expression material. This research uses the Analysis, Design, development, Implemnetation and Evaluation (ADDIE) model. The subjects of this research is students of VII grade of SMP Muhammdiyah 1 Godean. Before being trialled into small and large classes, learning media will be validated by material and media experts. The result of the research obtained that the assessment of the material expert obtained 84% and from media expert get 95% with the predicate very feasible. Meanwhile the result of smaal and large trials obtained 83% and 82% who said the mdia was very feasible. So from these result it can be concluded that th learning media developed by researchers are feasible for use.
Downloads
References
Nabila, “Tujuan Pendidikan Islam,” Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867–875., 2021.
S. R. A. Patmi dan I. Sina, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning,” UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(4), 337– 346., 2019.
F. T. Pertiwi dan M. S. Sumbawati, “Pengaruh penggunaan learning management system berbasis chamilo dan motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK Kelas X pada Mata Pelajaran Sistem Komputer,” IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 3(02), 88–97., 2018.
I.L. Nur’aini, E. Harahap, F. H. Badruzzaman dan D. Darmawan, “Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra,” Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2), 1–6., 2017.
K. Kamarullah, “Pendidikan matematika di sekolah kita,” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32., 2017.
N. Wafa dan A. I. Imami, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Kelas VII Smpn 1 Juwiring,” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1007–1014., 2022.
T. Santoso, S. Muflihah dan Y. P. Agtasari, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pakem Pada Pelajaran Matematika,” MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 532-540., 2023.
D. Q. Wahyuni dan R. Ananda, “Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android pada materi bentuk aljabar,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859-872., 2022.
D. E. Lestari dan D. Suryadi, “Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar,” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247-258., 2020.
N. D. Purwanti dan H. Pujiastuti, “Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa,” Jurnal Analisa, 6(2), 122–131., 2020.
F. Nursyahidah, B.A. Saputro, I. U. Albab dan F. Aisyah, “Pengembangan Learning Trajectory Based Instruction Materi Kerucut Menggunakan Konteks Megono Gunungan,” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58., 2020
N. A. Aini, B. S. Anggoro dan F. G. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Berbantuan Sparkol,” UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 287–296., 2018.
I. Falahudin, “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran,” Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117., 2014.
M. Nainggolan, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Menggunakan Ispring Suite 9 Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik,” disertasi Doctor, UNIMED. 2021.
R. Widyastuti dan L. S. Puspita, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada Materi Pelajaran IPA Tematik Kebersihan Lingkungan,” Paradigma-Jurnal Informatika dan Komputer, 22(1), 95-100., 2020.
R. Arliza, I. Setiawan dan A. Yani, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Budaya Nasional Dan Interaksi Global Pendidikan Geografi,” PETIK:Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 77-84., 2019.
Republik Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran RI No.4301. Sekretaris Negara. Jakarta
A. S. Syarifudin, “Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing,” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34., 2020.
K. Cahani dan K. N. Effendi, “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat,” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2019. 120–128.
E. Prasetyo dan N. Harjono, “Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak terhadap minat belajar matematika (MTK) siswa sekolah dasar,” Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 2(1), 111-119., 2020.
T. A. Saputro, K. Kriswandani dan N. Ratu, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII,” JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 10-23., 2018.
T. Handayani, H. Hartatiana dan M. Muslimahayati, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan Dan Deret Aritmatika,” PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 160-168., 2020.
F. Betyka, A. Putra dan S. Erita, “Pengembangan Lembar Aktivitas Peserta didik Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga,” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179., 2019.
Sartika dan M. Octafiani, “Pemanfaatan Kahoot Untuk Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel,” Journal On Education, 1(3), 373–385., 2019.
D. S. N. Afifah, “Interaksi Belajar Matematika Peserta didik Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD,” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 145., 2012.
R. Damarsari, “Efektivitas Penggunaan Media Patama Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Kelas II Di Sd Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta,” Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(7), 742-750., 2017.
A. Puspitasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dalam Bentuk Aplikasi Smartphone Pada Materi Aljabar Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar,” Skripsi, UIN SATU Tulungagung, 2021.
H. H. Batubara, Media Pembelajaran Digital, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2021.
N. Suryani, A. Setiawan dan A. Putria, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.
K. Hernawati, “Modul Pelatihan Ispring Presenter. Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 01, 18, 2010.
C. A. Rovita, “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Tier Multiple Choice Menggunakan Ispring Suite 9,” Dissertation Doctor, Universitas Muhammadiyah Gresik, 2020.
C. Widyawati, Y. Katminingsih, dan S. Widodo, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Ispring Suite 10 Pada Materi Aritmatika Sosial,” In Seminar & Conference Proceedings of UMT, 2022. pp. 128-134.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Alfabeta, 2019.
H. Y. Rayanto dan Sugianti, Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek, Pasuruan:Lembaga Academic & research Institute, 2020.
M.S. Islam dan S. Fahmi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap,” In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, vol. 6, 626-627. 2019.
R. Hera, K. Khairil dan H. Hasanuddin, “Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh,” Jurnal EduBio Tropika, 2(2), 187-250., 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fatimah Gita Safira, Soffi Widyanesti Priwantoro, Nur Hidayah, Syariful Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.