Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Trigonometri

Authors

  • Halimatus Sadiyah UIN Sunan Kalijaga
  • Dian Permatasari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/fourier.2022.112.59-68

Keywords:

Analisis Kemampuan, Koneksi Matematis, Persamaan Trigonometri

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di sekolah. Kebanyakan siswa menganggap pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit. Hal ini karena matematika merupakan pelajaran yang abstrak. Namun dibalik kesulitanya, mempelajari matematika mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah membangun koneksi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri, kesahalan-kesalahan yang sering siswa lakukan, faktor penyebab dan juga cara meningkatkan kemampuan matematis siswa. Metode yang dilakukan merupakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kelas XI Mipa 2 di salah satu SMA yang ada di Yogyakarta. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini berupa teknik tes dan teknik non tes yang berupa wawancara. Instrumen yang digunakan adalah butir soal tes uraian koneksi matematis persamaan trigonometri dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Adapun hasil dari rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa berada di tingkat sedang yaitu dengan presentase sebanyak 55,56% dengan jumlah 20 siswa. Sedangkan siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi sebanyak 16,67% dan siswa dengan kemampuan matematis rendah sebanyak 27,77%.  Hal ini menunjukkan sebagian besar siswa mampu mengaitkan koneksi matematis siswa antar konsep/prinsip matematika maupun antar topik matematika.

[Mathematics is one of the compulsory subjects in school. Most students consider mathematics a difficult lesson. This is because mathematics is an abstract subject. But behind the difficulties, studying mathematics has many benefits. One way is to build mathematical connections. This study aims to determine students' mathematical connection abilities in solving trigonometry equations, mistakes that students often make, causal factors and also ways to improve students' mathematical abilities. The method used is a qualitative descriptive method with research subjects in class XI Mipa 2 at one of the high schools in Yogyakarta. The data collection techniques in this study were in the form of test techniques and non-test techniques in the form of interviews. The instruments used were test items describing the mathematical connection of trigonometry equations and interview guidelines. Data analysis techniques were carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the average student mathematical connection ability are at a moderate level, namely with a percentage of 55.56% with a total of 20 students. While students with high mathematical connection abilities were 16.67% and students with low mathematical abilities were 27.77%. This shows that most students are able to relate students' mathematical connections between mathematical concepts/principles and between mathematical topics.]

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.

Budiarti, V., & Lestariningsih, L. (2018). Profil Penyelesaian Soal Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 273-284.

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill . Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika , 2(1), 1-16.

Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Persamaan Trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika , 2(2), 325-334.

Hayu, E., Linna, R., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Perbandingan. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 9(1), 11-2.

Hidayati, U., & Jahring, J. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2890-2900.

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Journal on Education, 1(2), 309-316.

Jaijan, W., & Loipha, S. (2012). Making Mathematical Connections with Transformations Using Open Aproach. HRD Journal, 3(1): 91 -100.

Laja, Y. P. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 37-48.

Linto, R. L. (2012). Kemampuan koneksi matematis dan metode pembelajaran quantum teaching dengan peta pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno, N. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449-460.

Mahmudah, Y. F. (2013). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Persamaan Garis. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pps UM.

Mandur, K., Sadra, W., & Suparta, I. N. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta Di Kabupaten Manggarai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2), 36-45.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analiysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: SAGE Publication.

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. Reston,VA: NCTM.

Nugraha, A. A. (2018). Analisis koneksi matematis siswa pada materi SPLDV. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59-64.

Rachma, Y. Y., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan Mobile Learning Barusikung Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 475-486.

Rawa, N. R., Sutawidjaja, A., & Sudirman, S. (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle-7e pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1042-1055.

Rumasoreng, M. I., & Sugiman. (2014). Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Setara UN di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (1): 22—34.

Sardiman, A. M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawan, Y., & Prihatnani, E. (2020). Perbandingan TAI dan NHT terhadap Hasil Belajar Trigonometri Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 299-310.

Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Phytagoras, 4 (1) , 56-66.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taufiq, I., & Agustito, D. (2021). Uji Kelayakan Modul Trigonometri Berbasis Ajaran Tamansiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 281-290.

Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII pada materi teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, I(I), 377–384.

Widyatama, A., & Pratama, F. W. (2022). Pengembangan Mobile Learning PINTHIR Berbasis Android sebagai Sumber Belajar dan Sarana Mengerjakan Soal Trigonometri SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 25-36.

Yulia, R., Priatna, N., & Nurjannah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan SelfConcept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Trigonometri. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 108-122.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Halimatus Sadiyah, & Permatasari, D. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Trigonometri. Jurnal Fourier, 11(2), 59–68. https://doi.org/10.14421/fourier.2022.112.59-68

Issue

Section

Articles